Wisata Pantai Apparalang Kabupaten Bulukumba

Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kec. Bontobahari Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini tidak seperti pantai yang biasa kita temui, Penampilannya yang unik membuat gaya ciri khas tersendiri dari pantai ini, kenapa tidak demikian pantai ini terletak di balik tebing bebatuan, dimana keindahaannya akan nampak luar biasa jika kita memandang dari atas tebing, perpaduan tebing dengan keindahaan birunya air laut serta karang-karang yang berada di antara air laut dan bebatuan dinding yang menjualng tinggi membuat ciri khas tersendiri Pantai Appalarang ini.

DSC_5607


Lokasi pantai apparalang

Pantai Bira mungkin lebih terkenal dari pantai Appalarang akan tetapi mungkin itu disebabkan dengan kurangnya masyarakat yang mengetahui akan keberadaan tempat ini, saya yakin kedepannya pantai ini akan berkembang menjadi lebih baik.

DSC_5601

Walaupun berada diantara bukit, pelancong akan tetap bisa merasakan kesegaran air lautnya. Dari area parkir pantai kita akan disuguhkan sebuah lahan tanah yang tidak begitu luas dan berada diatas bukit. Di area itu kita akan menemukan bangunan-bangunan gazeba yang dibangun untuk tempat pelancong menikmati keindahan pantai dari atas, sebagian ada yang beristirahat atau bercengkrama diatas batuan karang besar semabri menikmati hembusan angin laut.

DSC_5580

Di Pantai Apparalang ini pengelola sudah menyediakan sebuah anjungan yang terbuat dari kayu untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin merasakan  lebih delkat dengan air laut. Air laut yang begitu bersih biru dan bening ini menggoda kita untuk segera berenang di kesegaran air laut. Kadang kita akan menemukan anak-anak dari penduduk lokal daerah sekitaran pantai yang melompat terjun dari anjungan ke air dengan senangnya. Pelancongpun bisa merasakan sensasi yang sama.

Jalanan sempit dan berbatu sepanjang kurang lebih 40 kilometer menjadi teman akrab kami di perjalanan. Hanya sebagian dari jalanan ini yang dipaving dan disemen. Beruntung, hutan-hutan dengan pohon-pohon besar menjulang tinggi di kanan kiri jalan cukup menghibur -setidaknya bagi saya, entah bagi teman satu rombongan lain.

DSC_5578

Appalarang benar-benar layak meyandang gelar surga tersembunyi. Tidak mudah sampai di tempat ini karena minimnya informasi petunjuk jalan. Bahkan beberapa kendaraan di depan kami nampak beberapa kali berhenti dan sering bolak-balik bertanya kepada penduduk setempat. Beruntung kami bertemu dengan pengendara motor yang kebetulan juga akan pergi ke Appalarang. mungkin itulah yang membuat pantai ini kurang pengunjungnya.



Lautan biru, tebing-tebing karang megah menjadi sajian lengkap. Sebuah pemandangan yang saya pikir sangat layak menyebut Appalarang sebagai pesaing kuat Tanjung Bira.

0 komentar